20 October 2009

;

3 Cara Jitu Mengembalikan Folder yang ter Hidden, Hilang oleh Virus

Beberapa virus mempunyai perilaku yang sama yaitu menyembunyikan file atau folder asli dan menggantinya dengan file virus bernama sama dengan file dan folder yang disembunyikan. perbedaan yang terlihat adalah ekstensi exe pada file atau folder virus dan ukurannya kecil biasanya tidak lebih dari 70 kb. Folder yang diserang biasanya adalah folder yang paling sering diakses seperti My Document dan folder lain yang sering anda buka.

virus mengubah attribut file foder dengan Hidden atau Read-Only, sehingga flashdisk atau hardisk terlihat kosong padahal jika dilihat properties nya seharusnya penuh. lalu bagaimana caranya me restore atau mengembalikan file atau folder yang hilang tersebut kebentuk awal, coba simak Tiga Trik Jitu Dibawah ini :

Cara I :

Bersihkan flashdisk atau hardisk dengan antivirus terupdate , ini ditujukan agar virus pemicu dapat dihapus jangan lupa sebelumnya non aktifkan System Restore ; Klik kanan My computer > Properties > System Restore > Turn off system restore on all drives. Coba download avg untuk virus luar atau Smadav untuk Virus lokal. Hati2 menggunakan antivirus lain kebanyakan antivirus dapat membersihkan virus dengan menghapus file yang terinfeksi dan tidak dapat memperbaiki file dan folder tersebut. jika dengan antivirus belum berhasil menampilkan file folder yang ter hidden dan hilang coba cara 2.

Cara II :

Menampilkan foder-folder yang ter hidden lewat command prompt :
- Klik Start > Run > Ketik cmd lalu enter
- ketik baris perintah ini : d:\attrib -s -h *.* /s /d jika ingin menampilkan data yang ter hidden dan hilang di drive ' d ', tunggu beberapa saat dan lihat drive 'd' di windows explorer.

Cara diatas dapat juga anda buat di notepad dengan membuat batch file
- Buka notepad ketik attrib -s -h *.* /s /d lalu Save as pada drive atau folder yang ter hidden dengan nama tampil.bat type all Files dan Encoding ANSI.
- klik dua kali file tampil.bat tunggu beberapa saat dan lihat drive 'd' di windows explorer
Jika data anda belum kembali jangan putus Asa kita paksa dengan cara III.

Cara III :

Trik ketiga adalah pamungkas kita gunakan Software Recovery Tolls R-Studio. kalau belum punya software nya silahkan Download R-Studio 5.0 Build 952

Software ini bisa mengembalikan data yang sudah terhapus, hilang atau ter format sekalipun, apalagi jika cuma ter hidden, tapi jangan terlalu semangat harus sabar, begini caranya :

- Instal dulu R-Studio 5.0 Build 952
- buka program file R-Studio


- Klik kanan pada drive yang ingin anda tampilkan folder dan filenya lalu klik Open Drive files
- Tunggu beberapa saat sampai seluruh folder dan file ditampilkan pada folder Root
- Mark (baca: centang ) folder yang anda ingin restore ada baiknya anda restore folder per folder mulai dari subfolder paling dalam dan kecil, ini untuk mengantisipasi kegagalan.
- Klik Kanan Folder yang sudah di mark lalu pilh Recovery Marked

- Selanjutnya anda tentukan Destination Folder (Tempat meletakkan file hasil Recovery) nah disini saya sarankan untuk memilih drive lain misalnya di drive G kalau ada atau di flashdisk anda. ini juga untuk menghindari kegagalan.

- Tunggu beberapa saat dan lihat foder dan file anda sudah kembali kan !!!
- Jika Folder sudah terhapus Klik kanan pada drivenya lalu pilih Scan, setelah itu baru anda restore seperti diatas. selamat mencoba.

Jika 3 cara diatas belum berhasil mungkin data anda benar-benar sudah hilang..

classicstudio, facebook Ahmad Mutakabbir : Seluruh Artikel seputar Tutorial Blog, Tips Facebook, Download Antivirus, serta informasi komputer dan internet disajikan secara gratis dan bebas iklan.

Artikel lain yang menarik



15 comments:

icha said...

ko ga bisa di download ajh??
uda berulang kali dicoba

classicstudio on November 30, 2009 at 12:11 AM said...

Server mungkin lagi error, coba download disini :

http://dc93.4shared.com/download/52358241/15aa69f5/R-Studio-45.rar?tsid=20091130-030816-a85956da

idham said...

makasih saya coba dulu...!

kiki said...

saya punya hardisk laptop hardisknya di bagi 3 tapi drive d dah full padahal filenya tdk terlihat di explorer, apa bisa pakai software ini jg .. makasih pak sebelumnya !!!

classicstudio on December 7, 2009 at 4:20 AM said...

silahkan dicoba, seperti saya sebutkan software ini adalah recovery tools..

Anonymous said...

mantab om... berjalan dengan baik.. thanks bgt..

Anonymous said...

makasih mas ... !

singa on January 22, 2010 at 7:16 PM said...

kompi saya kena virus dan jdnya rusak tdk bisa masuk ke windows walaupun itu lewat safe mode, saya akhirnya instal ulang windows tanpa memformatnya saya cuma timpa windowsnya dgn maksud utk selamatin data saya di folder my document.setelah selesai instal windows malah datanya tdk kelihatan sama sekali, saya cek propertiesnya ruang hardisk masih berisi data2 itu. itu tandanya belum terhapus kan mas? bagemana cara mengembalikan data saya itu yah? saya dah coba langkah 1 dan 2 yg mas kasih tapi gak berhasil... tolong dong.

classicstudio on January 23, 2010 at 10:56 PM said...

klw bener cuma repair xp tentu datanya ga hilang, tapi klw fresh copy datanya akan terformat dan tertimpa, coba instal Rstudio dikompi lain n buka HD pc mu pasang di pc yg dinstal Rstudio, buka Rstudio lalu scan HDmu, nanti pasti ketemu filex km restore satu2 jgn sekaligus... moga berhasil !
saran gw jagan simpan data di drive C, mydocuments baiknya km Move ke D atu F carax klik kanan mydoc>properties>Move ke drive lain..

Cellin on October 21, 2010 at 7:22 PM said...

Terima Kasih info nya.. Masih saya coba praktekkan.
My documen ngga da padahal udah di recovery.

Anonymous said...

aduh saya pusing nih.. tolong bantu donk..
kemaren laptop saya dipinjem temen, karena buru2 saya ga sempat pindahin semua doc ke d (masih di my doc) tapi file dan folder saya hidden. itu masih bisa dibuka filenya.

sekarang filenya ga bisa dibuka sama sekali..
saya search juga udah ga ada lagi..
tolong donk... itu semua data penting...
makasih ya...

Martha said...

wah masalah yang sama saya rasakan sekarang.
Sekarng data saya juga hilang ada di My Document dan ada yang saya hidden, kemudian ga berapa lama saya buka lagi hanya tuk menyakinkan kalau data tersebut masih ada, baru kemudian saya hidden lagi, tapi dari td pagi sy coba buka dengan cara yang umum dilakukan, tetep tidak terbuka, saya juga ud scan anti virus, tp antivirusnya pun jg tidak bisa terbuka.
apa berarti laptopnya sudah kena virus ya?
biasanya antivirus apa yang bisa bantuin saya tuk masalah ini ya?

Tolong donk bantuin gmana caranya bisa di buka...saya ud bingung bukanya gmana...
Thx a lot

idham said...

instal R-Studio, buka drive pake lewat program R-Studio.. pasti kelihatan deh semua file... sampe jeroaaanxxx

Anonymous said...

gan...
kom gue abiz terhidden file maupun foldernya registrynya jga...
cara 1 udah malah jdi fontnya amburadul kotak2...
cara 2 kluar tlisan acces denied...
cara 3 software gag da stlah diinstall....
tlong gan solusinya....

lindi said...

download R-studio free tpi yg ga versi demo bisa ga ya?
heheheheheh

Tinggalkan Komentar

 
Computer Blogs - BlogCatalog Blog DirectoryTechnology Blogs - Blog Rankings Blog Directory by Blog FluxInternet GoLedy.comComputers Blogs TopOfBlogsHihera.com Add to Technorati FavoritesAdd to Technorati Favorites Top BlogsPageRank Checking Icon

Classicstudio | Blog Tutorial | Tips Facebook | Download Antivirus | Cara Hacking Copyright © 2009 Classicstudio