17 October 2009

;

Arti Pesan Error Pada Situs Web

Sebuah situs web (website) biasanya terdiri dari halaman-halaman situs yang tersusun dari kumpulan file-file di dalamnya. file-file tersebut bisa berupa file HTML, gambar (JPEG, GIF), audio (MP3), video dan sebagainya. file-file ini disebut data dan disimpan dalam sebuah server atau webserver.

Ketika kita mengakses sebuah situs, sebenarnya kita sedang membuka atau mencoba masuk ke kesebuah web server penyimpan data-data yang ditampilkan situs tersebut. jika kita berhasil mengaksesnya, komputer kita akan melakukan request atau meminta data dari server tersebut. server akan menerima request dan akan mengirimkan data ke komputer kita, jika pengiriman ini berhasil maka di layar komputer kita akan tampil sebuah halaman web. Dalam proses mengakses situs ini komputer kita disebut Client.

Dalam kenyataannya pengiriman data dari server ke client dapat mengalami hambatan, bahkan juga kegagalan. karenanya muncul pesan-pesan error yang mengindikasikan permasalahannya. berikut ini adalah arti pesan error yang sering kita jumpai :

400 - BAD REQUEST

Arti pesan ini server tidak memahami perintah yang diberikan oleh client. Hal ini biasanya terjadi jiak ada kesalahan atau cacat pada script program server. yang bisa mengatasi masalah ini ya si pemilik web atau web master situs tesebut.

401 - UNAUTHORIZED


Arti pesan ini anda tidak memiliki ijin untuk membuka halaman tesebut, biasanya ada halaman khusus yang memerlukan username dan password khusus untuk membukanya.

403 - FORBIDDEN


Arti pesan ini halaman web tersebut tidak bisa diakses oleh siapapun (karena memang diatur demikian dari servernya). atau bisa juga karena pemilik situs belum bayar sewe server sehingga perusahaan pemilik server mem block situs tersebut.

404 - NOT FOUND


Pesan ini bisa muncul oleh beberapa sebab antara lain :

408 - REQUEST TIMEOUT

Pesan ini ber arti waktu anda untuk mengakses situs tersebut sudah habis, setiap sever biasanya memiliki batas waktu tertentu untuk mengakses data-datanya. jika kecepatan akses internet anda lambat maka kegagalan ini mungkin terjadi.

500 - INTERNAL SERVER ERROR

Arti pesan ini adalah terjadi kesalahan atau masalah dalam server yang sedang diakses. sebelum permasalahan ini diselesaikan oleh webmaster kita tidak bisa mengakses situs tersebut.





classicstudio, facebook Ahmad Mutakabbir : Seluruh Artikel seputar Tutorial Blog, Tips Facebook, Download Antivirus, serta informasi komputer dan internet disajikan secara gratis dan bebas iklan.

Artikel lain yang menarik



0 comments:

Tinggalkan Komentar

 
Computer Blogs - BlogCatalog Blog DirectoryTechnology Blogs - Blog Rankings Blog Directory by Blog FluxInternet GoLedy.comComputers Blogs TopOfBlogsHihera.com Add to Technorati FavoritesAdd to Technorati Favorites Top BlogsPageRank Checking Icon

Classicstudio | Blog Tutorial | Tips Facebook | Download Antivirus | Cara Hacking Copyright © 2009 Classicstudio