01 September 2009

;

" FunPage " Twitter Buatan Indonesia

Funpage twitter buatan indonesiaSetahun belakangan ini cukup banyak situs jejaring sosial lokal yang bermunculan. Salah satu penyebabnya apa lagi kalau bukan munculnya situs jejaring sosial impor, seperti Facebook, yang kemudian mewabah di Tanah Air.

Nah, belum sebulan ini, muncul lagi sebuah situs jejaring sosial buatan anak negeri. Namanya, FunPage (http://funpage.web.id). Situs ini memang tak seperti Facebook, yang penggunanya sudah mencapai 8,5 juta orang di Indonesia.

Merupakan gabungan Twitter dengan Plurk, jejaring sosial ini cukup marak di Indonesia. Karena itu, seperti Twitter, di FunPage mengenal konsep "follower" atau ikut teman.

Situs yang diluncurkan pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-64, 17 Agustus lalu, ini adalah layanan microblogging yang menyediakan sebuah halaman pribadi bagi penggunanya. Di halaman inilah pengguna bebas mengungkapkan apa saja.

Jika ingin bergabung di FunPage, cukup mendaftar di http://funpage.web.id/signupp.php. Setelah itu, pengguna bisa mengaktifkan akun yang sudah dimiliki, dengan cara mengklik tautan yang dikirim ke e-mail pribadi. Setelah akun aktif, tinggal melakukan login menggunakan e-mail dan password atau kata kunci.

Setelah login, pengguna bisa melakukan apa saja. Mulai mencari teman di http://funpage.web.id/pencarian.php atau menulis status, apa yang sedang mereka lakukan. Itu bisa dilakukan di http://funpage.web.id/member.php. Pengguna juga bisa memperbarui biodata di menu pengaturan.

Kemudahan lain, FunPage bisa diakses lewat ponsel dengan alamat http://m.funpage.web.id. Situs dengan desain menarik ini juga menyediakan berbagai widget yang dapat digunakan untuk mempermudah update halaman.

Karena lebih mirip Twitter, hampir semua fitur yang dimiliki Twitter diadopsi di sini. Dengan bergabung di FunPage, otomatis pengguna bisa melakukan status update akun mereka di Twitter secara bersamaan.

Ini karena ia menanam fitur-fitur yang tak dimiliki semua jejaring sosial. Misalnya fitur Post E-Mail". Artinya, untuk sekadar meng-update status, pengguna tak perlu masuk ke halaman. "Tapi cukup mengirim e-mail saja," .

Belum lagi fitur Pesan Pribadi, untuk menulis atau memberikan komentar di halaman teman kita. Selain itu, FunPage memiliki Sistem Point. Ke depan, dengan fitur ini, pengguna bisa menukarkannya dengan suvenir. "Semakin banyak poin, makin banyak suvenir didapat."

FunPage juga dilengkapi fitur FunLinked, atau di Blogspot bernama Blogroll. "Pengguna bisa membagi halaman orang yang, menurut pemilik akun, keren, tanpa perlu mengikutinya,".

Tak kalah menarik, sementara layanan lain membatasi karakter tulisan maksimal 140 karakter, di FunPage, batasan itu dinaikkan. "Maksimal 350 karakter, biar bercerita makin asyik nggak dibatasin karakter." Ini membuat FunPage berbeda. Selain itu, layanan yang baru menjaring 80-an pengguna ini so pasti gratisan, tanpa dipungut biaya. Nah, kalau yang ini, tentu tak ada bedanya dengan jejaring sosial yang lain.

classicstudio, facebook Ahmad Mutakabbir : Seluruh Artikel seputar Tutorial Blog, Tips Facebook, Download Antivirus, serta informasi komputer dan internet disajikan secara gratis dan bebas iklan.

Artikel lain yang menarik



0 comments:

Tinggalkan Komentar

 
Computer Blogs - BlogCatalog Blog DirectoryTechnology Blogs - Blog Rankings Blog Directory by Blog FluxInternet GoLedy.comComputers Blogs TopOfBlogsHihera.com Add to Technorati FavoritesAdd to Technorati Favorites Top BlogsPageRank Checking Icon

Classicstudio | Blog Tutorial | Tips Facebook | Download Antivirus | Cara Hacking Copyright © 2009 Classicstudio