27 September 2009

;

Cara Menampilkan Struktur Pohon di Command Prompt

Bila kita membuka Windows Eksplorer kita dapat melihat struktur pohon dalam drive atau folder, hal ini mempermudah kita untuk melihat semua file dan folder yang ada hanya dengan klik . Berbeda dengan Command Prompt dimana kita harus mengetik baris perintah yang panjang dan lama untuk menampilkan satu folder atau file, apalagi jika letaknya berada di ujung dari struktur Pohon.

Sebenarnya ada Cara Menampilkan struktur pohon sebuah drive atau folder di Command Prompt dengan satu perintah saja . dengan perintah TREE pada Command Prompt anda dapat menampilkan letak suatu folder atau file secara bercabang seperti pada Windows Eksplorer.

Cara menggunakannya anda dapat ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Buka Command Prompt dengan mengelik start >Run dan ketik cmd lalu Enter.

2. Atau dengan cara mengelik start >All Program>Accessories>Command Prompt

3. Ketik perintah TREE, format penulisannya TREE [drive:][path] [/F]atau[/A].

Contoh : tree c:\window /F akan menampilkan struktur pohon dari folder windows di drive C: lengkap dengan semua isi folder dan file.

Atau : tree c:\windows /A akan menampilkan struktur pohon dari folder windows di drive C: lengkap dengan menggunakan karakter ASCII dimana isi dari suatu folder tidak semuanya ditampilkan.

classicstudio, facebook Ahmad Mutakabbir : Seluruh Artikel seputar Tutorial Blog, Tips Facebook, Download Antivirus, serta informasi komputer dan internet disajikan secara gratis dan bebas iklan.

Artikel lain yang menarik



2 comments:

Livius on November 8, 2017 at 6:46 PM said...

Maaf apa tidak kurang penjelasannya . Saya ingin mengetahui apakah dengan perintah tree dapat menampilkan direktori berdasarkan tanggal nya ? Karena semua tampilan di perintah tree berdasarkan abjad / nama. Terimakasih

Unknown on February 6, 2021 at 10:37 AM said...

Or your computers

Tinggalkan Komentar

 
Computer Blogs - BlogCatalog Blog DirectoryTechnology Blogs - Blog Rankings Blog Directory by Blog FluxInternet GoLedy.comComputers Blogs TopOfBlogsHihera.com Add to Technorati FavoritesAdd to Technorati Favorites Top BlogsPageRank Checking Icon

Classicstudio | Blog Tutorial | Tips Facebook | Download Antivirus | Cara Hacking Copyright © 2009 Classicstudio