25 August 2009

;

Tips Melakukan Pencarian di Yahoo



Tips Melakukan Pencarian di YahooYahoo! Search berusaha menemukan apa yang Anda ketikkan pada kotak pencarian. Untuk itu, hendaknya Anda mengetikkan kata kunci yang tepat agar dapat menghemat waktu. Berikut ini beberapa tip yang dapat membantu Anda untuk menemukan apa yang Anda cari dengan cepat dan tepat :

a. Pilihlah kata dengan cermat
Gunakan kata yang lebih spesifik untuk menggambarkan apa yang Anda cari dengan benar. Jika Anda mengetikkan kata yang umum (lebih luas), Anda juga akan mendapatkan hasil pencarian yang luas pula. Untuk itu hendaknya gunakanlah kata yang lebih spesifik. Contoh: Jika Anda hendak mencari kursi abad 19, Anda dapat mengetikkan “19th century chairs” dibandingkan Anda menulis ”old furnitures” guna menghasilkan pencarian yang lebih spesifik.

b. Gunakan tanda kutip (“…“)
Gunakanlah tanda kutip yang berguna untuk membatasi pencarian. Jika Anda mengetikkan “Rainbow In Forest”, Yahoo hanya akan menampilkan pencarian berdasarkan kata rainbow in
forest yang merupakan satu kesatuan utuh. Jika terdiri atas satu atau dua kata akan diabaikan.

c. Including dan Excluding
Secara umum, Yahoo! Search menampilkan halaman yang mencakup semua kata kunci yang Anda masukkan. Tentunya ini akan menghabiskan waktu Anda karena semua hal yang berhubungan dengan kata kunci Anda langsung dimasukkan dalam hasil pencarian. Untuk itu pengecualian amatlah penting. Anda perlu mempersempit atau memperluas pencarian menggunakan tanda ( + ) dan ( - ) yang dikenal dengan istilah including dan excluding. Contoh:

Including ( + ) digunakan jika Anda ingin Yahoo hanya memasukkan kata “rainbow in forest” merupakan 3 kata utuh. Artinya, jika halaman hanya terdapat satu atau dua kata, halaman tersebut tidak ditampilkan. Untuk melakukannya pada kotak pencarian, Anda ketikkan + rainbow + in + forest.

Excluding
( - ) dalam bahasa Indonesia berarti tidak termasuk atau kecuali. Anda dapat menggunakan simbol minus untuk mempersempit kata kunci dari pencaria Anda. Sebagai contoh, jika Anda menuliskan + cafe + murah - bandung, maka Yahoo akan mengartikan kata kunci ini menjadi tampilkan hal yang terkait dengan cafe murah kecuali bandung.

d. Gunakan kata EITHER/OR, AND, dan NOT
Jika Anda ingin memasukkan pencarian berdasarkan 2 buah atau lebih kata kunci, maka dapat digunakan perintah Either/Or, And, serta Not. Istilah ini disebut operasi Boolean.

Bolean “EITHER/OR”

Jika Anda menuliskan Situs OR Yahoo, maka search engine Yahoo! akan mengartikan kata kunci ini dengan menampilkan hasil pencarian yang berhubungan dengan frase Situs atau yahoo! Atau bahkan keduanya.
Catatan: Anda juga dapat melakukan hal yang sama menggunakan spasi pada keyboard Anda. Penggunaan spasi pada pencarian juga bermakna OR.

Boolean “AND”
Penggunaan kata AND artinya sama dengan Anda menggunakan simbol ”+” (plus). Contoh, jika Anda menuliskan cafe And murah, maka search engine Yahoo! akan mengartikan perintah ini menjadi tampilkan hasil pencarian yang mengandung kata cafe murah, akan diabaikan jika hanya memiliki satu dari dua kata ini.

Boolean “NOT”
Jika penggunaan kata AND artinya sama dengan penggunaan simbol +, maka penggunaan kata NOT memiliki arti yang sama seperti Anda menggunakan simbol “-“ (minus). Jika Anda mengetikkan cafe AND murah NOT bandung, maka Yahoo! akan mengartikan kata kunci ini
menjadi tampilkan hal yang terkait dengan café murah kecuali bandung.

e. Search Meta Words
Search Meta Words adalah kata kunci khusus yang dapat membantu Anda melakukan pencarian. Tinggal Anda ketikkan langsung pada kotak pencarian Yahoo!. Apa saja kata kuncinya? Berikut ini kata kunci yang bisa Anda gunakan.

Site
Membantu Anda untuk menemukan semua dokumen berdasarkan Situs, termasuk domain dan subdomainnya. Contoh, Site: yahoo.com.

hostname
Anda dapat melakukan pencarian semua dokumen berdasarkan host tertentu. Contoh, hostname:autos.yahoo.com.

link
Anda dapat melakukan pencarian semua dokumen berdasarkan link tertentu menggunakan URL. Contoh, link:http://autos.yahoo.com.

url
Kata kunci ini memungkinkan Anda untuk menemukan dokumen dengan spesifik. Contoh,
url:http://edit.autos.yahoo.com/repair/tree/0.html.

inurl
Memungkinkan pencarian berdasarkan kata kunci yang spesifik sebagai bagian dari index URL. Artinya, pencarian akan menampilkan URL yang memiliki kata yang diketikkan. Contoh, nurl:bulgarian, maka yahoo! akan menampilkan URL yang memiliki kata bulgarian.

intitle
Menampilkan kata kunci berdasarkan judul. Contoh, intitle:Indonesian, maka yahoo! akan menampilkan hasilpencarian yang memiliki judul Indonesian.

classicstudio, facebook Ahmad Mutakabbir : Seluruh Artikel seputar Tutorial Blog, Tips Facebook, Download Antivirus, serta informasi komputer dan internet disajikan secara gratis dan bebas iklan.

Artikel lain yang menarik



0 comments:

Tinggalkan Komentar

 
Computer Blogs - BlogCatalog Blog DirectoryTechnology Blogs - Blog Rankings Blog Directory by Blog FluxInternet GoLedy.comComputers Blogs TopOfBlogsHihera.com Add to Technorati FavoritesAdd to Technorati Favorites Top BlogsPageRank Checking Icon

Classicstudio | Blog Tutorial | Tips Facebook | Download Antivirus | Cara Hacking Copyright © 2009 Classicstudio