22 March 2010

;

SIDoBI : Cara Cepat Membuat Rangkuman Dokumen

software indonesiaMembuat rangkuman sebuah dokumen, artikel, buku, atau tulisan lainnya memang susah-susah gampang. susah apalagi jika jumlahnya banyak dan lebih repot lagi bila harus dilakukan setiap hari. bayangkan jika hal semacam ini harus dilakukan secara manual. anda harus membaca dulu semua isi dari dokumen tersebut lalu anda mungkin memilih kalimat utama dalam setiap paragrafnya dan dari situ kemudian anda membuat ikhtisar atau rangkuman dari tulisan tersebut. sekarang coba hitung untuk membuat ikhtisar dari sebuah dokumen sepanjang 10 halaman paling tidak anda menbutuhkan waktu sekitar 30 menit. lalu bagaimana jika dalam sehari anda harus merangkum17 buah buku yang tebalnya beratus-ratus halaman.

Jika itu harus anda lakukan secara manual coba pikir dulu !

Mungkin tulisan ini bisa jadi penunjuk arah buat solusi masalah diatas. gampangnya cara cepat membuat rangkuman dokumen dalam bahasa indonesia adalah dengan menggunakan software SIDoBI.

SIDoBI adalah kependekan dari Sistem Ikhtisar Dokumen untuk Bahasa Indonesia, merupakan perangkat lunak berbasis web pertama di Indonesia untuk membuat ikhtisar/ringkasan secara otomatis (automatic summarization) dokumen berbahasa Indonesia. Aplikasi ini dikembangkan oleh BPPT di dalam bahasa PHP dengan memanfaatkan Free/Open Source Software (FOSS)

Fitur-fitur dari SIDoBI diantaranya adalah :
  1. Dapat membuat ikhtisar dokumen berbahasa Indonesia.
  2. Dapat menerima masukan melalui, sehingga memungkinkan pembuatan ikhtisar secara cepat dengan metode copy-paste.
  3. Dapat menerima masukan berupa file yang di-upload, sehingga memungkinkan pembuatan ikhtisar dokumen panjang di dalam file yang telah ada.
  4. Mendukung tipe file Teks (txt), Adobe PDF (pdf), MS Word (doc) dan Open Office (odt, ods, odp, sxw)
  5. Dapat menerima masukan berupa URL dari sebuah situs, kemudian SIDoBI akan membuat ikhtisar isi situs tersebut, dan mengekstrak URL tautan yang ada untuk dijadikan sebagai masukan berikutnya kepada SIDoBI lagi.
  6. Dapat diatur panjang ikhtisar yang diinginkan baik secara mutlak jumlah kalimat/kata, maupun secara relatif dengan persentasi.
  7. Memiliki struktur program yang modular, sehingga memungkinkan pengembangan lebih jauh dengan mudah.
Untuk lebih lengkapnya gunakan langsung aplikasi ini di http://202.46.5.125/sidobi/

classicstudio, facebook Ahmad Mutakabbir : Seluruh Artikel seputar Tutorial Blog, Tips Facebook, Download Antivirus, serta informasi komputer dan internet disajikan secara gratis dan bebas iklan.

Artikel lain yang menarik



0 comments:

Tinggalkan Komentar

 
Computer Blogs - BlogCatalog Blog DirectoryTechnology Blogs - Blog Rankings Blog Directory by Blog FluxInternet GoLedy.comComputers Blogs TopOfBlogsHihera.com Add to Technorati FavoritesAdd to Technorati Favorites Top BlogsPageRank Checking Icon

Classicstudio | Blog Tutorial | Tips Facebook | Download Antivirus | Cara Hacking Copyright © 2009 Classicstudio